LANTING

ANIMATION

Pohon Baleo

DIRECTOR

Firman Widyasmara

PRODUCER

Firman Widyasmara

Di kepulauan para pemburu Paus di Flores, seekor paus kecil terdampar di atas pohon besar di pulau terluar akibat tsunami kecil. Ia menangis keras-keras kepada langit untuk dikirimkan kembali tsunami kedua untuk melindunginya dari ancaman pemburu yang kembali datang dengan tombaknya untuk menyelidiki suara rintihan yang aneh dari pulau terluar tempat ia terdampar.

Director's Statement

Ikan paus bongkok atau HUMPBACK WHALE adalah jenis ikan paus yang diangkat dalam cerita ini. Ikan paus jenis ini termasuk dalam golongan mamalia paus yang tidak bergigi atau baleen (serupa plat di rahang untuk menyaring makanan).

 

Paus jenis ini mampu mengeluarkan suara ‘nyanyian’ yang mampu bergema hingga bermil jauhnya. Bahkan durasinya bisa melampaui lebih dari 24 jam. Sampai saat ini para ilmuwan pun belum mengetahui arti di balik bunyi ‘nyanyian’ ikan paus ini. Ikan paus bongkok termasuk mamalia yang terancam punah akibat maraknya perburuan ikan paus semenjak abad 18. Menurut catatan Wikipedia, di tahun 2008 sendiri, populasi ikan paus bongkok hanya sekitar 80,000 saja di seluruh dunia. Seiring berkembangnya teknologi, kepunahan paus bongkok bukan hanya akibat perburuan dengan jala dan tombak, tapi juga dengan beragam teknologi perburuan modern, tabrakan dengan kapal, tersangkut di peralatan pancing, hingga ke polusi suara yang diakibatkan dari pemboran atau pemboman dasar laut oleh manusia. 

 

Perburuan paus sendiri di Indonesia, seperti yang ada di Lembata NTT,  sudah menjadi tradisi turun temurun sekitar sejak abad 16. Perburuan ini selalu diikuti beragam ritual doa dan adat untuk mengarungi lautan dengan bersenjatakan tombak bernama tempuling, yaitu bambu panjang yang di ujungnya ditancap sebilah besi runcing. Penduduk setempat sudah paham paus jenis mana yang bleh diburu, demikian juga adanya larangan memburu paus yang masih kecil dan yang sedang hamil untuk menjaga populasi paus di daerahnya. 

 

Paus dalam cerita ini diceritakan masih berusia muda,. Terpisah dari ibunya yang diburu oleh pemburu tradisional yang salah sasaran di luar musim berburu yang diperbolehkan. Berbaur dengan fantasi, cerita ini digulirkan dengan semangat untuk memperkenalkan budaya lokal tentang perburuan paus yang direstui dunia dan sisi baik buruk dari sebuah situasi yang diciptakan. 

Ask us About pohon baleo!
Story

Follow us

  • Instagram - White Circle
  • Facebook - White Circle
  • Twitter - White Circle
  • Tumblr - White Circle

​© 07.2019 by Lanting Animation. Proudly created with Wix.com

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now